Pindah dari MyAnimeList ke AniList

Bagi penggemar anime, mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya MyAnimeList, sebuah situs yang menyediakan database mengenai anime dan manga dengan data yang cukup lengkap, paling lengkap dibanding situs lain. Di MyAnimeList kita bisa tahu informasi mengenai anime, mulai dari waktu tayang, siapa pengisi suara, dibuat oleh studio mana, dan user juga bisa memberi rating dan review sehingga bisa menjadi pembanding atau acuan sebelum memilih mana anime yang mesti kita tonton.

Kemarin, MyAnimeList membuat keputusan yang kontroversial, mereka menonaktifkan layanan API untuk pihak ketiga, ini artinya aplikasi lain yang bukan dibuat langsung oleh MyAnimeList, seperti MALClient, PocketMAL atau Taiga tidak akan bisa memperoleh akses terhadap database anime dan usernya.

Saya sendiri baru sadar ketika kemarin aplikasi Taiga di komputer saya selalu gagal mengupdate list anime. Cek di akun MyAnimeList ternyata akun saya diminta untuk mengubah password demi alasan keamanan, dan konon ternyata semua user mendapat pemberitahuan yang sama. Cek di forum ternyata banyak developer yang mengeluh soal API yang ternyata sudah dinonaktifkan. Wah pantes aja. Konon sih mereka melakukan ini agar user beralih dari aplikasi pihak ketiga ke aplikasi resmi mereka, jadi penghasilan mereka tidak lari ke developer lain.

Selama ini saya selalu menggunakan aplikasi Taiga untuk membantu mengingat anime apa saja yang sudah saya tonton, dan MyAnimeList belum punya aplikasi resmi untuk PC yang bisa menggantikan Taiga. Ketimbang saya harus menggunakan aplikasi resmi MyAnimeList di handphone yang updatenya dilakukan secara manual, mending saya pindah pakai layanan lain saja.

Ini bukan pertama kalinya saya pindah, 3 tahun lalu saya juga sempat beralih ke situs Hummingbird (sekarang bernama Kitsu) karena situsnya mengalami masalah di cookies dan identifikasi shared IP, namun karena beberapa bulan kemudian layanan MyAnimList mendapat suntikan dana investor dan masalahnya diperbaiki, saya balik lagi deh.

Untuk sekarang, pilihan alternatif jatuh pada AniList. Situs ini terbilang baru dan seperti halnya Kitsu tampilan AniList juga modern dan sudah menggunakan tema responsive, namun tidak seperti Kitsu yang databasenya ala kadarnya serta lebih mengutamakan judul anime versi English, AniList sepertinya halnya MyAnimelist punya data yang cukup lengkap dan lebih memilih untuk menggunakan judul dalam Bahasa Jepang (romanji) sehingga tidak membuat bingung bagi penggemar anime yang tidak menonton anime versi English yang umumnya sudah didubbing.

User yang jengkel dengan MyAnimeList tampaknya bukan saya saja, dan AniList tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Tampilan situs versi beta yang sebelumnya hanya diperuntukkan bagi user donatur mulai hari ini bisa dinikmati oleh semua user. Tampilannya lebih cantik dan user friendly dibanding sebelumnya.

Tampilan Baru Situs AniList

Tampilan Baru Situs AniList

Siipp, jadi tampaknya tidak ada yang perlu disedihkan lagi dari keputusan MyAnimeList. Selamat tinggal MyAnimeList dan terima kasih pada AniList atas sambutannya. Bagi bro and sis yang juga doyan nonton anime, bisa follow akun AniList saya yang baru di sini, biar nanti saya folbek dan kita bisa saling sharing.