Ketentuan Bagi Pengunjung (Term of Use)

Terima kasih telah berkunjung ke blog pribadi saya ini. Sebagai pengunjung, ada beberapa ketentuan perlu anda ketahui dan ikuti:

Artikel Bebas Disebarluaskan

Semua postingan yang saya tulis di blog ini, yaitu postingan yang bukan dalam kategori “copy paste”, bebas untuk disalin dan disebarluaskan dengan syarat tetap mencantumkan nama saya (Candra Wiguna) dan alamat blog ini (candrawiguna.com), sedangkan izin penyebarluasan artikel dalam kategori copy paste bisa anda tanyakan ke penulis yang asli yang identitas dan alamat yang bisa dihubungi biasanya telah saya sertakan dalam catatan kaki.

Bijak Dalam Berkomentar

  • Komentar sebaiknya ditulis dalam Bahasa Indonesia
    Penggunaan bahasa daerah dan English yang berlebihan bisa mengganggu jalannya diskusi. Ingat, ketika anda berkomentar, maka komentar itu bukan hanya dibaca oleh saya tapi juga dibaca dan dinilai oleh pembaca yang lain.
  • Dalam berkomentar sebaiknya gunakan akun asli
    Menggunakan akun asli akan membuat anda mampu mengontrol diri sehingga berhati-hati dan lebih bijak dalam berkomentar, minimal anda tidak akan membuat komentar konyol yang bisa mempermalukan diri anda sendiri. Gunakan akun asli hanya jika komentar anda bisa mengancam keselamatan anda.
  • Dilarang melecehkan komentator lain
    Untuk artikel yang sifatnya kontroversial, mungkin anda akan menemukan komentator yang berbeda pandangan dengan anda. Anda diperbolehkan menyanggah dan berdiskusi dengan komentator lain tersebut, namun dilarang untuk menghina, melecehkan, atau melakukan ad hominem terhadap komentator lain tersebut.
    Komentar yang sifatnya melecehkan hanya boleh ditunjukkan kepada saya, dan hanya saya yang boleh melecehkan komentator lain. Jadi kalau ngajak ribut, ributnya sama saya saja, bukan antar komentator karena saya tidak suka disebut sebagai tukang adu domba.
  • Berkomentar sesuai topik
    Jangan membahas sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan topik dalam sebuah postingan. Jika ingin out of topik, seperti menanyakan hal pribadi, ajakan untuk membahas suatu isu, atau sekadar blogwalking, maka sudah ada halaman “buku tamu” dimana disana anda bisa bertanya dan membuka obrolan baru.
  • Jangan membuat komentar berkali-kali ala SPAM
    Berpikir dan baca ulang komentar anda sebelum diposting, pastikan komentar anda tidak ada kesalahan dan sudah lengkap mengandung semua yang ingin anda ungkapkan. Jangan membuat satu komentar kemudian di bawahnya ada komentar baru dalam selang waktu beberapa menit padahal komentar sebelumnya belum dibalas. Hal ini sangat mengganggu jalannya diskusi dan saya paling tidak suka dengan orang yang berkomentar dengan cara seperti ini.

Jangan Mencoba Meretas Blog Ini

Saya tahu dan sadar bahwa tidak semua orang menyukai apa yang saya tulis disini, namun jika anda tidak suka, tolong jangan mencoba meretas atau melakukan hacking terhadap blog ini. Sungguh itu tidak ada gunanya karena blog ini rutin saya backup sehingga apabila dihack, saya bisa membuatnya pulih hanya dalam beberapa jam.

Akan jauh lebih baik jika anda menyanggah tulisan saya lewat komentar. Komentar di blog ini sengaja saya buka untuk publik bahkan untuk akun anonim sekalipun, tujuannya agar saya bisa menerima tanggapan dan kritik sebanyak-banyaknya. Jika memang argumen anda baik dan membuktikan tulisan saya salah, maka saya tidak akan segan melakukan koreksi atas tulisan saya. Melakukan hacking ketika ada kesempatan membalas lewat diskusi hanya menunjukkan bahwa anda tidak cerdas dan lebih memilih cara-cara licik untuk membungkam argumen yang tidak sependapat dengan anda.

Sanksi Untuk Pelanggaran

Bagi yang melanggar ketentuan di atas, maka kemungkinan komentarnya akan saya hapus, atau lebih parah akun DisQus  dan alamat IPnya saya blokir sehingga tidak bisa berkomentar atau berkunjung ke blog ini lagi.

Demikian ketentuan ini saya buat. Dengan mengakses blog ini, pengunjung dianggap telah paham dengan ketentuan, sangkalan, dan kebijakan privasi yang diterapkan.