Terkuak Siapa Eko Setiawan

Sekitar 2,5 tahun yang lalu, saat awal-awal pemilihan gubernur Jakarta, saya sempat menulis artikel tentang sosok misterius bernama Eko Setiawan. Saya katakan misterius karena sekalipun nama orang ini sering dikutip di situs Islamedia dan mendapatkan label sebagai pengamat sosial (kadang disebut pengamat media sosial), namun tidak ada satupun informasi yang saya peroleh mengenai profil orang ini. Tidak ada penjelasan mengenai latar belakang pendidikan serta pekerjaan yang membuatnya layak disebut pengamat, bahkan foto wajahnya saja tidak ada.

Menurut saya sangat aneh jika sebuah media mengutip pendapat seseorang berkali-kali dalam berbagai artikel tapi tidak satupun menampilkan foto dan profil orang tersebut. Lebih aneh lagi adalah ketika hanya Islamedia hanya satu-satunya media yang mengutip pendapat Eko Setiawan ini. Emangnya cuma wartawan Islamedia yang kenal sama “pengamat”  ini?

Nah, kemarin setelah memposting ulang artikel saya yang lama itu, iseng mencari tahu lagi, dan hasilnya ternyata Islamedia tidak lagi memuat komentar Eko Setiawan sebagai narasumber, bahkan artikel-artikel lama yang memuat pendapat Eko Setiawan itu sudah dihapus.

Satu-satunya halaman Islamedia yang memuat nama Eko Setiawan hanya satu, yaitu di halaman “about” dimana dalam halaman tersebut dikatakan bahwa Eko Setiawan adalah bagian dari tim redaksi Islamedia.

Nama Eko Setiawan disebut sebagai bagian dari Tim Redaksi Islamedia

Lucu sekali. Jadi selama ini Eko Setiawan itu cuma karyawan Islamedia? Jadi kemarin-kemarin itu wartawan Islamedia mewawancari rekan kerjanya sendiri? Haha, kok saya geli ya membayangkannya.