Perbedaan Vaksinasi dan Imunisasi

Istilah vaksinasi dan imunisasi mungkin akrab di telinga kita. Sejak SD kita mengenal istilah ini sebagai kegiatan yang berhubungan dengan kekebalan penyakit, namun ternyata banyak yang belum paham perbedaan antar keduanya, sebagian orang malah beranggapan kedua istilah ini memiliki pengertian yang sama. Benarkah?

Dalam Bahasa Indonesia, penggunaan partikel -isasi biasanya bermakna proses, sehingga kata vaksinasi maupun imunisasi menunjukkan suatu proses atau kegiatan.

  • Vaksin adalah bakteri dan virus yang telah dilemahkan.
    Jadi vaksinasi adalah proses memasukkan vaksin ke tubuh manusia dengan tujuan untuk mendapatkan efek kekebalan terhadap penyakit tertentu.
  • Imun merupakan istilah lain dari kekebalan tubuh.
    Jadi imunisasi adalah proses untuk mendapatkan kekebalan terhadap penyakit tertentu.

Dari pengertian tersebut bisa diketahui bahwa imunisasi merupakan istilah yang lebih umum untuk proses kekebalan tubuh, sedangkan vaksinasi adalah proses imunisasi yang khusus menggunakan vaksin saja. Artinya vaksinasi sudah adalah bagian dari imunisasi sedangkan imunisasi belum tentu merupakan vaksinasi.

“Lho, memang ada proses lain untuk mendapatkan kekebalan selain dengan vaksin?”

Ada, proses lain itu bisa secara alami seperti memberikan ASI pada bayi karena ASI juga membantu meningkatkan kekebalan bayi, bisa juga dilakukan secara buatan dengan bantuan tenaga kesehatan. Ada juga istilah imunisasi aktif dan pasif. Vaksinasi adalah contoh imunisasi aktif, disebut aktif karena dengan proses ini tubuh manusia secara langsung membuat antibodi, selain vaksinasi ada juga proses imunisasi secara pasif yaitu dengan pemberian serum (antibodi). Berbeda dengan vaksinasi, pada pemberian serum, antibodi pada seseorang atau binatang yang telah kebal terhadap suatu penyakit disuntikkan pada seseorang, dan karena yang disuntik sudah berupa antibodi maka tubuh tidak perlu belajar membuat antibodi, dan karena itu pula tubuh tidak punya kemampuan memproduksi antibodi, akibatnya orang yang diberi serum hanya kebal terhadap penyakit dalam jangka waktu tertentu saja.

Jadi jelas bedanya ya. Vaksinasi adalah bagian dari imunisasi sedang imunisasi belum tentu merupakan vaksinasi karena imunisasi ada banyak macamnya.

Mungkin Anda juga menyukai