Migrasi Dari MyAnimeList Ke Hummingbird

Sebagai penggemar berat anime, MyAnimeList merupakan salah satu situs yang paling sering saya kunjungi. Di sana saya bisa mengecek rilis anime terbaru, membuat list anime yang sudah saya tonton untuk tiap episodenya, hingga mengecek siapa pengisi suara dari tiap karakter dalam anime yang saya tonton. Sayangnya, ada 3 hal yang tidak saya suka dari situs ini:

  1. Tampilannya yang kuno, berasa browsing situs tahun 2000’am, dan hari gini belum pake tema responsive, dibuka lewat mobile, berantakan deh
  2. Cookiesnya yang buruk, entah mengapa tiap beberapa menit saya logout sendiri, kadang malah tidak bisa login sama sekali
  3. Menggunakan incapsula. Tahun 2014 situs ini pernah down 2 kali dalam waktu yang lama, dan sejak itu mereka menggunakan incapsula untuk mencegah serangan DoS atau DDoS, sayangnya hal ini berdampak buruk bagi mereka yang mengakses situs ini dengan shared IP seperti saya, dimana karena terlalu banyak orang mengakses situs dengan alamat IP yang sama membuat saya dicurigai sebagai robot, jadilah saya perlu memasukkan captcha berkali-kali.
Untuk mengakses halaman MyAnimeList kita harus melewati tantangan reCaptcha berkali-kali

Di antara ketiganya, yang paling parah itu adalah nomor 3, alasan yang sama yang membuat saya paling malas main di Kaskus. Karena itu saya berencana meninggalkan MyAnimeList dan pindah ke situs lain.

Di antara ketiganya, yang paling parah itu adalah nomor 3, alasan yang sama yang membuat saya paling malas main di Kaskus. Karena itu saya berencana meninggalkan MyAnimeList dan pindah ke situs lain.

Awalnya saya berencana pindah ke Anime Planet, tapi sayangnya list di situs ini tidak lengkap (terutama anime hentai), aneh padahal situs ini adalah situs list anime yang katanya paling tua dan bekerjasama dengan situs streaming anime seperti Crunchyroll, dan itu adalah kelemahan yang tidak bisa saya toleransi. Maka Anime Planet pun tidak masuk pertimbangan lagi.

Masuk ke calon berikutnya, sesuai saran di berbagai forum adalah Hummingbird, dari namanya sih sama sekali tidak berhubungan dengan Anime, agak meragukan, tapi setelah tahu bahwa perusahaan ini memang bergerak di bidang hiburan jadi tahu bahwa situsnya dikerjakan dengan cukup profesional.

Secara tampilan oke, responsive, dan cukup user friendly, sedang untuk list juga cantik dan cepat dibuka, hanya saja dibanding MyAnimeList, fitur Hummingbird masih kurang, daftar karakter dan pengisi suara tidak lengkap, tidak bisa diklik, dan kita tidak bisa menambahkan tag di list anime yang dibuat, tapi di sisi lain fitur rekomendasinya oke banget, Hummingbird bisa memberi rekomendasi anime apa yang cocok untuk ditonton sesuai anime yang akan, sedang, atau sudah kita tonton, dan hasil rekomendasinya benar-benar cocok dengan apa yang diharapkan. Kalau di MyAnimeList mah bakalan muter-muter dulu untuk ketemu anime yang cocok untuk kita tonton. Oh ya, dan karena Hummingbird juga bisa digunakan di Taiga, maka untuk update listnya bisa dilakukan secara otomatis tanpa harus membuka situsnya langsung.

Tampilan situs Hummingbird

Sementara masih betah nongkrong disini dulu, dan bagi yang doyan anime bisa add profile saya, kali aja selera anime kita sama dan bisa saling berbagi.

Mungkin Anda juga menyukai