Mengembalikan Tampilan Quick Access Pada File Explorer

Quick Access merupakan tampilan awal default ketika anda membuka File Explorer di Windows 10. Fitur Quick Access ini sangat berguna karena di bagian ini ditampilan pintasan (shortcut) ke beberapa folder penting dan yang paling sering diakses (frequent folders), sekaligus menampilkan file baru dibuka (recent files).

Sayangnya pada sejak update Windows 10 pada pertengahan tahun 2018, ada banyak keluhan yang mengatakan bahwa tampilan Quick Access menjadi berantakan, terutama pada user yang menggunakan aplikasi Google Drive atau DropBox. Tampilan yang berantakan ini terjadi karena file explorer gagal mengidentifikasi Quick Access yang memang memiliki tampilan khusus.

Tampilan Quick Access yang berantakan pada File Explorer
Tampilan Quick Access yang berantakan pada File Explorer

Bagi anda yang mengalami masalah tersebut, maka solusi untuk mengembalikan tampilan Quick Access sangat mudah. Tinggal buka Quick Access pada File Explorer, kemudian klik menu View, pilih folder options, maka akan muncul kotak dialog folder options seperti gambar di bawah.

Pilihan untuk mengembalikan tampilan folder di kotak dialog folder options.
Pilihan untuk mengembalikan tampilan folder (riset folders) di kotak dialog folder options.

Pada kotak dialog folder options, klik tab view, kemudian di bagian atas klik Riset Folders, maka akan muncul konfirmasi apakah anda benar mau melakukan riset folders atau tidak, klik Yes, maka tampilan Quick Access akan kembali seperti semula.

Tampilan Quick Access kembali normal
Tampilan Quick Access kembali normal.

Demikian tutorial cara mengembalikan tampilan Quick Access yang berantakan agar bisa kembali normal. Jika ada pertanyaan atau cara tersebut tidak berhasil, silakan sampaikan di komentar di bawah.