Mengapa Banyak Link Mengarah ke Evernote?

Belakangan ini artikel-artikel yang saya buat lebih sering menggunakan catatan Evernote untuk merujuk tulisan dari situs lain, terutama artikel yang sifatnya kontroversial. Berbeda dengan artikel-artikel sebelumnya dimana saya memberikan link yang langsung mengarah ke situs aslinya.

Mengapa saya melakukan hal tersebut? Bukankah tampilan catatan Evernote tidak terlalu bagus? Bukankah itu akan membuat pembaca repot mengklik 2 kali untuk mengecek sumber asli tulisan?

Tidak Ingin Kehilangan Artikel

Well, saya mengambil keputusan menggunakan Evernote sebagai link rujukan setelah pengalaman kehilangan artikel asli dari situs IslamPos.com yang saya gunakan sebagai bahan artikel yang membahas mengenai Naheed Nenshi dan kemunafikan para pembaca IslamPos. Tidak ingin mengalami kehilangan untuk kedua kalinya adalah alasan utama saya menggunakan Evernote.

Sebelumnya saya tidak pernah menggunakan Evernote karena saya yakin bahwa setiap artikel yang cukup populer pasti memiliki simpanan di situs archive.org atau paling tidak ada simpanan cache dari Google. Sayangnya hal tersebut salah, IslamPos memiliki pengaturan robot.txt yang melarang Google dan situs lain mengcrawling isi artikelnya, dan karena situs Web Archive dan Google menghargai privasi maka mereka sama sekali tidak menelusuri artikel tersebut dan memiliki simpanan cachenya.

Tidak Ingin Mempromosikan Situs Yang Tidak Baik

Karena tulisan saya banyak berbau kritik maka bisa dibilang kebanyakan artikel saya mengambil sumber dari situs yang saya sendiri tidak sukai seperti IslamPos, Arrahmah, SuaraNews, PKS Piyungan, Islam Toleran, dll. Membuat artikel yang berisikan link yang langsung mengarah ke situs mereka saja saya telah membantu situs tersebut untuk berkembang, karena dalam ilmu SEO, semakin banyak link yang mengarah ke sebuah situs, maka Google menganggap kualitas situs tersebut semakin baik.

Memang saya bisa saja menggunakan atribut no follow, tapi karena saya malas direpotkan dengan pengaturan SEO seperti itu, maka saya lebih memilih menggunakan Evernote saja.

Membiasakan Diri Pakai Evernote

Salah satu sifat Evernote adalah semakin kita banyak menyimpan catatan, maka kinerjanya akan semakin baik, dalam artian semakin mudah dia membedakan jenis-jenis artikel berdasarkan notebook, menambahkan auto tag, serta menampilkan related notes dengan akurat. Jadi disini saya berusaha membiasakan diri menyimpan semua artikel menarik, bukan hanya karena takut hilang tapi juga agar saya lebih mudah mengingat dan membaca ulang artikel-artikel yang pernah saya baca.

Mengajak Orang Menggunakan Evernote

Evernote adalah salah satu aplikasi favorit yang wajib ada di setiap smartphone saya, karenanya saya melakukan promosi agar orang lain mencoba dan ikut merasakan manfaat Evernote,  dan ini sekaligus merupakan wujud terima kasih pada Evernote yang telah banyak membantu saya.

Jadi itu adalah 4 alasan mengapa saya menggunakan Evernote sebagai link rujukan. Maaf jika ada yang merasa tidak nyaman, tapi sungguh saya akan berusaha mengedit tiap catatan agar tampil cantik dan rapi sebelum saya bagikan disini. 🙂

Mungkin Anda juga menyukai