Kunai Bukan Alat Untuk Membunuh

Pasca peristiwa penusukan Wiranto, muncul pemberitaan bahwa senjata yang dipakai oleh penyerang adalah kunai, salah satu senjata yang digunakan oleh ninja di Jepang yang bentuknya mirip dengan ujung tombak.

Foto senjata kunai yang digunakan untuk menyerang Wiranto.

Fakta ini menurut saya cukup menarik. Pertama karena kunai bukan senjata yang mudah diperoleh di Indonesia. Kalau penyerang tersebut memang niatnya adalah menusuk sampai mati mak ada banyak senjata alternatif yang bisa digunakan, misalnya pisau dapur. Selain mudah didapat pisau dapur juga lebih aman karena ketika ditangkap sebelum kejadian, pelaku bisa berkelak bahwa pisau tersebut akan digunakan untuk memasak, sementara kunai dari awal memang identik sebagai senjata.

Kedua, pelaku mungkin tidak tahu bahwa kunai sejatinya bukan alat yang didesain untuk membunuh. Benar bahwa kunai juga dipakai sebagai senjata oleh ninja untuk menyerang musuhnya, namun hal tersebut jarang dilakukan. Fungsi utama kunai lebih untuk menggali dan memanjang. Kunai dipakai untuk menggali tanah atau lubang di tembok, dan kunai bisa digunakan untuk memanjat tebing dengan menyelipkan ujung tajamnya di sela-sela batu. Untuk membunuh katana lebih menjadi pilihan.

Tentu yang namanya benda tajam bisa digunakan untuk mencelakai orang, termasuk kunai bisa digunakan untuk membunuh, namun jika mengatakan bahwa kunai didesain untuk membunuh, maka itu tidak tepat, karena ada banyak senjata lain yang sengaja didesain dan memang lebih efektif digunakan untuk membunuh