Hadir Dalam Full RSS

Kemarin saya melakukan perubahan setting yang cukup penting pada blog pribadi saya ini, dimana sebelumnya umpan (feed) atau RSS blog ini yang hanya menampilkan sebagian teks pembuka, kini saya ubah agar menampilkan semua teks secara lengkap alias full RSS.

Pada umumnya, blogger sengaja mengatur agar RSS hanya menampilkan sebagian tulisan, karena fungsi RSS hanya untuk memancing pembaca dengan memberikan informasi adanya artikel baru serta memberikan sedikit preview dari artikel tersebut, nantinya pembaca yang tertarik dengan artikel baru yang diterbitkan diharapkan akan membaca langsung tulisan di situs sang blogger. Menampilkan full RSS artinya pembaca bisa membaca semua artikel secara lengkap tanpa harus mengunjungi situs, dampaknya jumlah kunjungan akan berkurang, yang lihat dan mengklik iklan pun juga berkurang.

Walau kesannya merugikan, namun ada beberapa alasan mengapa saya mengambil keputusan ini:

  1. Berdasarkan pantauan dari Feedly ternyata jumlah pembaca blog ini melalui RSS cukup banyak.
  2. Saya sudah tidak begitu peduli dengan trafik dan upaya memonetasi blog ini lagi, tujuan saya sekarang adalah memperbanyak jumlah pembaca sehingga apa yang saya tulis bisa tersampaikan pada masyarakat.
  3. Saya yakin bahwa sekalipun selain artikel, komentar dan diskusi mengenai artikel yang saya tulis juga menarik untuk disimak sehingga kunjungan pun tetap ada, rata-rata waktu kunjungan bisa lebih lama dan bounce rate bisa dikurangi, sehingga saya harap nilai SEOnya juga bertambah.

Jadi bagi anda yang suka baca-baca melalui RSS, silahkan ditambahkan blog saya ini. Namun saya tidak menjamin bahwa nantinya saya akan terus mempertahankan model full RSS ini, jika nanti pengajuan adsense saya sudah diterima, mungkin pengaturannya akan saya ubah.

Mungkin Anda juga menyukai