7 Tahun Bersama WordPress

Beberapa hari yang lalu saya mendapati pemberitahuan melalui dashboard WordPress yang isinya ucapan selamat karena saya sudah 7 tahun bersama WordPress, sebuah ucapan yang sebenarnya kurang akurat karena saya sebenarnya menggunakan layanan WordPress sejak 2009. Hitungan 7 tahun sebenarnya adalah hitungan ketika saya membuat user baru di WordPress dimana user itu masih saya gunakan sampai sekarang.

7 Tahun Bersama WordPress.PNG

Awal mendaftar di WordPress dengan akun bernama canzyber (sesuai alamat email), dan saat itu mendaftar karena ingin punya website sendiri yang bisa dijadikan tempat untuk berbagi catatan kuliah. Sayangnya, karena keterbatasan waktu internet (miskin + bandwidth mahal), dan masih rada alay, jadi isi tulisannya malah kebanyakan copy paste saja.

Bulan Maret 2011 ketika sudah punya internet sendiri barulah berniat menulis dengan lebih serius dan dengan konten yang original. Blog lama saya hapus, kemudian membuat user baru dengan nama candrawgn. Saat itu ada 2 blog yang aktif saya kelola, yaitu candrawgn.wordpress.com yang isinya catatan harian dan toiletumum.wordpress.com yang isinya campur-campur tapi kebanyakan membahas topik sains, kesehatan, dan teknologi. Walau namanya aneh, tapi blog ini lumayan rame, rata-rata ada 2000 pengunjung dengan 5000 pageview per harinya.

Sempat menulis di beberapa situs lain dengan engine WordPress, saya kemudian sadar bahwa memiliki website dengan hosting sendiri itu jauh lebih menyenangkan dibanding nebeng di WordPress.com, karenanya setahun kemudian (Maret 2012) barulah saya membuat blog dengan domain dan hosting sendiri dan hal tersebut berlanjut sampai sekarang.

Nampaknya ada banyak kesan menarik antara saya dengan WordPress di bulan Maret. Kali ini, di Bulan Maret juga, saya menghidupkan kembali blog ini yang telah lama saya tinggalkan. Tampilan blog saya ganti, beberapa artikel terutama yang tendensius dan semua komentar saya hapus, berharap bisa menciptakan suasana yang lebih baik dibanding sebelumnya.

Akhir kata, terima kasih untuk WordPress untuk kebersamaannya selama ini.