Sangkalan (Disclaimer)

Untuk menghindari kesalahpahaman atau konflik antara saya dan pengunjung, maka dengan ini saya menyatakan beberapa poin sangkalan:

  1. Tulisan dalam blog ini saya tulis dengan tujuan baik yaitu untuk catatan pribadi mengenai perjalanan hidup saya, serta sebagai media untuk berbagai informasi, pendapat, dan saling bertukar pikiran.
  2. Semua tulisan dalam blog ini ditulis berdasarkan pengetahuan dan pengalaman pribadi saya, sehingga tulisan ini murni mewakili diri saya pribadi, bukan mewakili keluarga, teman, atau instansi tempat saya bekerja.
  3. Saya selalu berusaha agar tulisan dalam blog ini bersifat akurat, berimbang, dengan mengambil sumber-sumber yang kredibel. Namun saya menyadari bahwa saya memiliki keterbatasan pengetahuan, pengalaman, serta akses informasi yang membuat saya tidak bisa menjamin kebenaran informasi dari semua isi tulisan dalam blog ini.
  4. Saya tidak bertanggung jawab atas semua komentar yang ditulis oleh pihak lain yang berkunjung di blog ini. Semua komentar yang diterbitkan di blog ini merupakan tanggung jawab masing-masing komentator.
  5. Saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kerugian yang ditimbulkan akibat penggunaan blog ini. Anda yang memutuskan menggunakan blog ini, maka anda pula yang menanggung risiko atas penggunaannya.
  6. Situs lain yang diarahkan oleh blog ini melalui link eksternal memiliki kebijakannya tersendiri yang sepenuhnya di luar kendali dan tanggung jawab saya.
  7. Saya menggunakan iklan dari pihak ketiga dimana materi iklan sepenuhnya di luar tanggung jawab saya.

Demikian sangkalan ini saya buat. Dengan mengakses blog ini, pengunjung dianggap telah paham dengan ketentuan, sangkalan, dan kebijakan privasi yang diterapkan.